Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Menghafal dengan Cepat Dan Efektif, Tidak Mudah Lupa

 6 Langkah Mengingat dengan Cepat dan Efisien, Tidak Gampang Lupa Langsung Masuk ke Otak - Mengingatkan materi perkuliahan atau mata pelajaran akan kerap dilaksanakan dekati ujian ataupun waktu belajar. Sayang, dengan saat yang terbatas atau mekanisme belajar yang keliru, mengingat berasa susah. Walau telah diulangi berulang-kali, hasil hafalan justru tidak ada yang terpikir sama sekalipun. Pada akhirnya, rasa patah semangat dan frustasi membuat proses mengingat jadi berhenti. Lantas, bagaimana seharusnya langkah mengingat yang pas supaya tidak gampang lupa?

cara mudah menghafal


Langkah Mengingat dengan Cepat dan Efisien

1. Pahami Bacaan Memakai Rumus 5W+1H

Bila kamu sedang usaha mengingat suatu hal, coba untuk pahami apa yang kamu ingat. Otak semakin lebih gampang mengolah info yang runut. Misalkan, pakai rumus 5W + 1H ini.


  • What: Apa topik yang usaha kamu hafalkan?
  • Who: Siapa yang turut serta pada topik itu?
  • When: Kapan saat terjadi?
  • Where: Di mana tempat peristiwanya?
  • Why: Kenapa hal itu bisa terjadi?
  • How: Bagaimana proses berlangsungnya?

Dengan membuat beberapa pertanyaan sendiri berkaitan topik, kamu akan makin gampang dalam ingat. Saat kamu mengingat memakai kontribusi rumus 5W + 1H, tidak ada kelirunya membuat catatan kecil supaya bisa menolong proses hafalan.


2. Cari Info Khusus yang Dihidangkan

Banyak orang mengingat sekedar hanya mengingat kalimat saja tanpa tahu info intinya. Coba cari info info khusus yang diberi. Triknya, dengan memberi highlight atau warna jelas saat mendapati info dasar. Info yang perlu ada di awal paragraf atau akhir paragraf. Pemberian highlighter akan mempermudah proses penelusuran. Kamu tak perlu membaca kembali semua kalimat karena sisi yang perlu telah bertanda khusus. Disamping itu, kamu semakin lebih gampang jika harus membuat ringkasan berbentuk beberapa poin penting.


3. Bermain Kata Supaya Lebih Gampang Mengingat

Tehnik bermain kata bisa diaplikasikan untuk mengingat beberapa kalimat susah. Triknya, saksikan dahulu kalimat yang hendak dihafal. Seterusnya, cari persamaan kata, khususnya yang sesuai kerangka. Otak dapat mengolah info baru bisa lebih cepat karena telah ada pengetahuan atau ingatakn awalnya. Upayakan membuat persamaan dari kata yang telah kamu kenali.


4. Menulis Ulangi Point Penting

Jika kamu telah usai membaca, coba untuk menuliskan kembali. Langsung, otak akan panggil kembali info yang telah didapat dan menyimpan kembali. Supaya makin menarik, bikinlah catatan dibarengi beberapa gambar menarik. Juga bisa kamu menulis memakai pena warna.


5. Memberi Interval Saat Mengingat

Tidak boleh lakukan proses hafalan terus-terusan tanpa interval. Otak akan berasa capek dan proses mengingat akan alami kendala. Tanpa istirahat, otak bisa juga makin pusing dipaksakan mengingat. Seharusnya, kamu ambil interval atau istirahatkan otak dengan belajar topik lain. Pelajari topik yang serupa kadang membuat otak berasa jemu. Jika diselipin dengan topik berlainan, pemikiran akan fresh kembali dan siap terima info baru.


6. Jaga Suasana hati Masih tetap Baik

Cari info waktu terbaik yang membuat kamu konsentrasi. Umumnya, saat waktu itu datang, suasana hati akan jadi baik dan aktivitas mengingat tak lagi jadi beban. Ada type orang yang dapat konsentrasi mengingat saat malam hari, tapi ada pula yang malah dapat konsentrasi mengingat saat pagi hari. Sesudah kamu ketahui waktu terbaik mengingat, proses mengingat akan jadi lebih cepat. Apabila sudah berasa jemu, coba membersihkan muka sampai mandi.


Pemicu Seorang Jadi Pelupa

Sebetulnya, kenapa ingatan kurang kuat sampai mengakibatkan seorang jadi pelupa?. Jadi pelupa pasti benar-benar tidak nyaman. Ketika seseorang memercayakan daya ingat seorang, tetapi malah daya ingatnya tidak dapat dihandalkan. Sebetulnya, ada pemicu seorang jadi pelupa, salah satunya.


1. Konsumsi Lemak Jemu Terlalu berlebih

Skema makan rupanya benar-benar punya pengaruh pada kekuatan mengingat. Bila kamu sering konsumsi makanan cholesterol tinggi, glukosa, dan makanan dengan lemak jemu tinggi, otak akan menurun. Bahkan juga, pembuluh darah yang ada disekitaran otak bisa alami permasalahan sampai kerusakan. Riset menunjukkan jika konsumsi lemak jemu terlalu berlebih bisa membuat ingatan jadi buruk . Maka, kamu dapat menukar makanan kurang sehat dengan makanan kaya omega 3 dan protein.


2. Tidak Jaga Kesehatan Badan

Walau tidak punya pengaruh secara instant, olahraga mempunyai hubungan dengan kekuatan daya ingat. Bila kamu teratur olahraga, saluran darah ke otak jadi lebih lancar. Bahkan juga, kegiatan olahraga yang sudah dilakukan secara bertahap sanggup membenahi daya ingat dan tingkatkan kekuatan berpikiran. Faedah olahraga yang sudah dilakukan dapat membuat kurangi kandungan insulin dan menjaga beberapa sel otak yang baru. Disamping itu, olahraga bisa membenahi suasana hati dan kurangi rasa kuatir dan stress, hingga kekuatan kognitif otak untuk mengingat tidak menyusut.


3. Konsumsi Obat-Obatan Terlarang

Bila ingin ingatan selalu terbangun, jauhi konsumsi beberapa obat terlarang. Kekuatan ingat akan menyusut karena dampak bahan kimia pada obat langsung akan berpengaruh dalam otak. Mengakibatkan, materi yang telah dihafalkan tidak bisa diundang kembali. Disamping itu, rutinitas yang tidak kalah menghancurkan otak ialah merokok. Suplai oksigen lantas menyusut.


4. Tidak Cukup Istirahat

Lihat waktu istirahat, seperti jam tidur supaya kekuatan ingat masih tetap maksimal. Keadaan kekurangan tidur dapat punya pengaruh di proses ingat. Seorang yang terpenuhi tidurnya sanggup ingat suatu hal bisa lebih cepat dibanding sama orang yang kekurangan tidur. Kecapekan jadi pemicu seorang menjadi pelupa. Lumrah bila kadang-kadang kamu berasa capek asal kemudian istirahat. Bila didiamkan terus-terusan, kesehatan badan akan terusik.


5. Masalah Penyakit

Seorang menjadi pelupa karena factor penyakit, seperti alzheimer. Penyakit ini ialah sisi dari demensia. Umumnya, alzheimer diketemukan ke orang tua di atas 60 tahun. Peranan sel otak yang terusik jadikan daya ingat lenyap. Selainnya alzheimer, penyakit yang lain punya pengaruh pada pengurangan kekuatan ingat ialah stroke, anoksia otak, ensefalitis, dan lain-lain.

Langkah Tingkatkan Daya Ingat Otak Secara Alami

Mengapa kekuatan otak turun? Pertanyaan itu sering terbesit di pikiran. Walau sebenarnya, kemauan untuk mengingat secara cepat benar-benar diimpikan. Artikel langkah mengingat secara cepat dan masuk ke otak juga makin dicari. Keinginannya, langkah mengingat secara cepat dalam sekejap bisa terkuasai. Sebetulnya, kenaikan kekuatan ingat dapat dilaksanakan dengan konsumsi beberapa obat. Tetapi, langkah alami berikut bisa kamu coba.


1. Kurangi Konsumsi Gula

Kurangi konsumsi gula, misalkan tidak minum soda, minum teh tawar, atau seringkali minum air putih akan menolong daya ingat. Hasil riset menunjukkan jika konsumsi gula melewati batasan normal dapat membuat daya ingat jadi jelek. Disamping itu, volume otak jadi lebih rendah dibanding orang yang jarang-jarang mengkonsumsinya.


2. Lakukan Meditasi

Waktu meditasi dibutuhkan seorang supaya tingkat depresi menyusut. Disamping itu, tekanan darah dapat turun dengan meditasi. Pemikiran yang tenang sanggup tingkatkan kekuatan hafalan . Maka, meditasi bukan hanya berguna untuk badan, tapi juga untuk otak.


3. Meningkatkan Pemikiran Mindfulness

Banyak yang belum mengetahui apakah itu mindfulness. Sebetulnya, tehnik ini berguna untuk membikin seorang konsentrasi pada keadaan yang ditemui. Mindfulness berperanan penting untuk jaga kesadaran pada sekitar lingkungan dan hati. Bila dilatih secara baik, mindfulnes bisa tingkatkan fokus ingatan dan turunkan depresi.


4. Latih Otak dengan Permainan

Otak yang kerap dilatih dengan permainan bisa tingkatkan ingatan. Sekarang ini, ada beberapa program gratis di handphone yang sanggup tingkatkan kekuatan otak. Bila tidak mendapati, permainan seperti teka-teki silang atau permainan yang terkait dengan kalimat dapat menolong.


5. Teratur Olahraga

Jaga kesehatan badan dengan menyempatkan diri untuk olahraga. Kegiatan fisik olahraga bukan hanya menolong anak-anak saat umur perkembangan saja, tapi juga orangtua. Olahraga bisa dibuktikan tingkatkan kekuatan ingat karena memacu pengeluaran sekresi protein perlindungan saraf. Disamping itu, olahraga bisa juga memberikan dukungan perubahan sel saraf atau neuron.


6. Menjaga Berat Tubuh

Tidak dapat disangkal jika tiap orang mengidamkan berat tubuh bagus. Berat tubuh yang cocok sebetulnya punya pengaruh pada kekuatan ingat. Bila alami kegemukan atau berat tubuh berlebihan, pengurangan kognitif bisa jadi terjadi. Disamping itu, kegemukan berpengaruh pada kekebalan insulin dan bisa mengakibatkan radang, sampai munculkan penyakit alzheimer.


Makanan Menambah Daya Ingat dan Fokus

cara mudah menghafal


Ingatan perlu dipertingkat supaya seorang tidak jadi pelupa. Umumnya, dimakan makanan khusus menambah ingatan, seperti buah-buahan dan sayur. Buah apa yang tingkatkan ingatan? Pasti ada berbagai macam . Maka, kamu tak perlu kebingungan saat menanyakan ‘harus makan apa agar ingatan kuat?'


1. Suplemen Minyak Ikan

Bukan rahasia kembali bila minyak ikan dipercayai bisa tingkatkan daya ingat. Coba konsumsi minyak ikan sepanjang lebih kurang 12 bulan dan kekuatan hafalan akan alami kenaikan. Kandungan asam lemak Omega-3 Asam Eikosapentaenoat (EPA) pada minyak ikan bisa tingkatkan kekuatan meningat. Disamping itu, pada mintak ikan ada Asam Docosahexaenoic (DHA).


2. Makanan dengan Vitamin D Tinggi

Mengonsumsi makanan dengan vitamin D tinggi dapat tingkatkan kekuatan ingat. Makanan yang banyak terkandung vitamin D untuk ingatan ialah kuning telur, ikan salmon, hati sapi, dan lain-lain.


3. Cokelat

Bila kamu ingin tingkatkan ingatan, konsumsi cokelat dengan kandungan 70% baik sekali faedahnya. Selainnya dapat menambahkan jumlah anti-oksidan berbentuk flavonoid, cokelat mempunyai peranan lain. Pembuluh darah bisa terangsang perkembangannya, begitu halnya sel saraf atau neuron. Suplai darah di bagian otak yang terkait langsung dengan memory akan bertambah.


4. Sayur-Sayuran dan Teh

Makanan yang membuat daya ingat semakin kuat ialah makanan anti inflamasi atau anti infeksi. Makanan itu akan kurangi tingkat depresi karena radikal bebas. Konsumsi sayur-sayuran dan teh supaya daya ingatmu semakin kuat. Tetapi, tidak boleh terlampau manis, ya.


5. Oat

Sukai makan oat? Rupanya oat yang disebut tipe sereal benar-benar pas dipakai sebagai makanan menambah ingatan. Selainnya dapat memberi energi tambahan untuk otak, serat pada oat mempunyai peran penting untuk badan. Oat memiliki kandungan banyak mineral dan vitamin. Bila keperluan badan pada mineral dan vitamin terpenuhi, otak juga dapat optimal jalankan perannya.


Bonus: Langkah Mengingat Al Quran

Sebagai kaum muslim, nikmat berbentuk akal dan kekuatan berpikiran perlu dioptimalkan. Salah satunya bentuk riil rasa sukur atas anugerah nikmat itu dengan mengingat Al Quran. Seorang akan memiliki predikat hafidz (lelaki) atau hafidzah (wanita) bila sukses mengingat AL Quran. Proses mengingat kita suci kaum muslim tidak gampang.


Perlu usaha keras dan ibadah tertentu supaya prosesnya lancar. Langkah mengingat Alquran dengan mudah dan cepat dikenang ialah memakai satu mushaf saja. Pemakaian mushaf yang berubah-ubah dicemaskan akan membuat penghafal kebingungan. Disamping itu, ada panduan yang bisa dituruti seperti berikut.


1. Berniat Hafalan

Niat ialah hal pertama kali yang harus kamu persiapkan. Karena, hafalanmu akan dipandang dari niat yang telah kamu bikin pada awal. Janganlah sampai hafalanmu yang banyak tidak memberi syafaat karena salah niat. Menjadikan niat mengingat al quran karena Allah SWT, bukan lantaran sanjungan atau kumpulkan uang.


2. Menghindar Maksiat

Bila kamu ingin mengingat al quran, bentengi diri dari maksiat. Al Quran ialah pengetahuan. Seperti sinar, orang yang bermaksiat tidak mungkin sinar pengetahuan itu masuk. Jika tidak menyengaja lakukan maksiat, cepatlah beristighfar supaya diampuni.


3. Cari Lingkungan yang Aman

Akan susah untuk penghafal al quran yang ada di lingkungan negatif. Hafalan Al Quran akan makin cepat pada tempat beberapa orang yang sedang berusaha mengingatkannya. Jika kesusahan cari, coba membuat lingkungan sendiri. Mengumpulkan rekan-rekan dengan niat sama supaya ingin mengingatkan Al Quran.


4. Cari Sistem Mengingat Al Quran

Sistem untuk mengingatkan Al Quran benar-benar bermacam. Cari sistem yang terbaik dengan caramu mengingat. Bila memerlukan guru atau ustad, cepatlah cari yang paling tepat. Kamu bisa minta guru ucapkan ayat yang hendak dihafal, selanjutnya ikutinya. Bacaanmu yang keliru langsung akan direvisi.

Dengarkan bacaan Al Quran dari handphone atau murattal youtube juga dapat kamu kerjakan. Alternative ini berlaku jika kamu susah mendapati ustad atau guru yang akurat.


5. Pahami Bacaan Al Quran

Dengan pahami arti atau makna bacaan Al Quran yang dihafal, karena itu hafalan jadi lebih baik. Tetapi, langkah ini berlaku untuk orang dewasa. Untuk anak-anak, sistem mengingat Al Quran seharusnya dengan ikuti bacaan orang dewasa. Anak yang dipaksakan pahami arti Al Quran dicemaskan bisa berasa kesusahan dan malas mengingat.


6. Mengulang-ulang Bacaan Sampai Ingat

Bacaan yang kerap diulangi semakin lebih gampang dikenang. Untuk mengingat Al Quran, kamu bisa membaca satu ayat minimum 10 kali, selanjutnya diteruskan ayat selanjutnya sampai ingat. Nanti, ayat yang kamu hafalkan itu diulangi kembali sekitar 10 kali.


7. Mengingat di Saat yang Pas

Waktu terbaik untuk mengingatkan Al Quran ialah pada sepertiga malam paling akhir. Di saat itu, situasi tidak begitu ramai, hingga otak dapat konsentrasi. Sesudah shalat subuh, proses mengingat bisa diteruskan sampai matahari keluar.


8. Murajaah dan Mengakrabkan Diri dengan Al Quran

Hafalan Al Quran perlu kamu ulang-ulang supaya selalu terbangun. Stabilitas niat mengingat perlu dipertahankan. Janganlah sampai kamu jemu di tengah-tengah proses mengingat. Coba juga untuk mengakrabkan diri dengan Al Quran. Kamu tidak harus mengingatkan Al Quran dari juz 1. Tentukan hafalan beberapa surat pendek supaya terlatih, baru diteruskan hafalan surat yang lebih panjang.

9. Mengaplikasikan Bacaan Saat Shalat

Membaca surat dalam Al Quran saat shalat banyak memiliki pahala. Kamu juga dapat mengetes hafalanmu saat shalat. Rupanya tidak susah cari tahu langkah mengingat cepat Al Quran. Asal kamu stabil dan jaga hafalan, kamu bisa mengulas kembali hafalan secara mudah.


Demikianlah informasi langkah mengingat cepat supaya bisa masuk langsung ke otak. Mengingat akan membutuhkan proses lumayan lama. Jangan putus asa jika kamu tidak dapat mengingat sesudah membaca sekali. Ulang-ulanglah hafalan yang hendak kamu hafalkan dan janganlah lupa istirahat cukup supaya hasil hafalan tidak gampang lupa.