Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Menginstal Printer ke Laptop (Canon, Epson, dll) 2022

 Printer yang terpadu langsung ke PC/netbook semakin lebih memudahkan pemakai bila ingin cetak document. Tetapi, belum semuanya orang pahami langkah memasang printer yang gampang dilaksanakan. Walau sebenarnya, ini akan memudahkan pemakai dalam menuntaskan tugas.

cara install printer


Cukup banyak yang masih bimbang saat harus menyambungkan printer ke netbook. Bahkan juga masih tetap ada yang ikhlas bolak-balik ke warnet cuma untuk cetak sebuah document. Bila printer ada, Anda tinggal menginstal saja di PC/netbook. Lantas bagaimana triknya?


3 Langkah Memasang Printer

Memasang printer di computer/netbook akan memudahkan tugas hingga lebih mengirit waktu. Pemakai akan lebh gampang lakukan kontrol peranan printer tersebut. Langkah instalasi printer ini harus dijumpai untuk Anda yang kerap bermasalah dengan pembuatan document.


Ada cara-cara yang dapat dituruti untuk meng-install printer di netbook, pilih langkah yang kiranya termudah, yakni seperti berikut.


1. Memasang Printer Memakai Kabel USB

Dapat disebut sistem ini ialah yang umum dipakai beberapa orang. Ditambah kabel USB menjadi benda yang gampang diketemukan. Pada intinya, OS Windows akan mengetahui secara automatis jika ada hardware baru yang dihubungkan.

Kemudian, instalasi akan selekasnya diawali sesudah kabel USB dicolokkan ke port yang tepat. Untuk memperjelasnya, baca langkah memasang printer dengan kabel USB di bawah ini.


  • Sambungkan printer ke PC/netbook memakai kabel USB.
  • Click menu Start lalu Kontrol Panel.
  • Tentukan Hardware and Sound lalu Printers, untuk menambah printer baru click Add a printer.
  • Click Use an existing port pada halaman Choose a printer port.
  • Kemudian, tentukan port printer yang sesuai yang disambungkan ke computer.
  • Tentukan mode printer yang dipakai pada halaman Install the printer driver.
  • Turuti perintah yang ada seterusnya lalu click

Lalu, bagaimana bila printer telah diperlengkapi tehnologi nirkabel atau WiFi, langkah menginstal ke netbook tidak kalah gampang. Hanya click Start lalu Kontrol Panel. Kemudian, tentukan Hardware and Sound lalu Add a piranti.

Dalam langkah ini, yakinkan printer dan WiFi-nya telah berpijar secara baik. Nanti printer yang akan dipakai akan ada secara automatis. Pemakai juga tinggal ikuti perintah yang ada dan hampir sama dengan cara di atas.

Printer yang telah memberikan dukungan tehnologi nirkabel atau Wifi dapat dipakai secara bertepatan atau yang umum disebutkan share printer.


2. Memakai CD Drive

Salah satunya sistem yang gampang dilaksanakan dengan menempatkan printer lebih dulu dekat netbook. Pakailah kabel USB yang cocok untuk pastikan jaraknya cukup dekat sama piranti yang digunaka.


Disamping itu, janganlah lupa untuk meng-install CD Drive yang dapat diketemukan dalam menu kontrol panel pada bagian printer box. Yakinkan Anda telah mempunyai CD Driver yang sesuai merk printer yang dipakai.


Bila dirasakan telah pas, silakan masukan ke ROM Driver bila ada. Jika tidak memiliki, silakan memasangkan ROM Driver external yang lumayan gampang dipakai. Apabila sudah CD Driver telah masuk, karena itu tinggal ikuti perintah yang berada di dalamnya.


Untuk memperjelasnya, berikut akan diilustrasikan langkah memasang printer Canon dengan CD Driver.


  • Masukan CD Driver pada ROM Driver computer/netbook.
  • Umumnya Windows langsung akan mengetahui file Autorun pada CD yang ditempatkan, selanjutnya click exe.
  • Bila file itu tidak tampil, silakan masuk ke file master installer, lalu click file setting.exe 2x.
  • Akan ada penampilan program installer driver printer, pada tahapan ini pemakai disuruh pilih rumah. Apabila sudah menginput info yang diperlukan click
  • Tentukan sistem penginstalan sama sesuai keperluan misalkan Easy Installation atau juga bisa pilih Kustom bila ingin menyortir program.
  • Teruskan dengan click
  • Akan diperlihatkan jendela baru berbentuk Licence Agreement dari produk printer yang akan diinstal. Teruskan dengan click
  • Proses instalasi akan selekasnya diawali, tunggu hingga usai 100%.
  • Kemudian, Anda dapat menyambungkan printer dengan netbook memakai kabel USB.
  • Hidupkan printer dengan memencet tombol
  • Seterusnya, turuti perintah tersisa yang umumnya berbentuk kesepakatan memperoleh info berkaitan produk printer yang dipakai.
  • Silakan tekan Next saja.

Sistem dapat dilaksanakan jika pada produk printer yang dibeli sediakan CD driver yang tepat. Tak perlu cemas, sebagian besar produk printer sediakan elemen itu. Ingat perannya yang cukup penting untuk memasang printer di netbook.

3. Memakai Driver Printer

Driver printer sebuah software yang direncanakan untuk computer/netbook supaya bisa menjalankan printer . Maka, saat perintah cetak document diserahkan ke printer, software ini berperan sebagai mediatornya.


Sebagian besar merk printer sediakan printer driver ini untuk memudahkan pemakainya. Salah satunya ialah Canon, Brother, HP, Xerox, Epson, dan lain-lain. Masing-masing driver printer ini dipasang berdasar mekanisme operasi yang dipakai.


Sekarang ini, telah banyak ada printer driver yang cocok dengan Windows 7, Windows 8, Windows 10, Mac OS, Linux, dan lain-lain. Pemakaian driver printer sendiri perlu disamakan dengan computer/netbook yang dipakai.


Bukan hanya memudahkan cetak document, driver printer akan memudahkan pemakainya melakuka peranan kontrol. Misalkan mengatur bikin halaman, margin halaman,dan beberapa tugas yang lain berkaitan pembuatan document.


Disamping itu, software ini akan mengirimi signal atau peringatan tertentu. Misalkan tingkat tinta yang hampir habis, paper jam, pesan error, dan lain-lain.

Adapun beberapa langkah memasang printer dengan driver printer ini ialah seperti berikut.


  • Membuka web sah dari merk printer yang dipakai. Pada intinya, masing-masing merk telah sediakan situs sah yang sediakan software driver sama sesuai type yang dipakai. Yakinkan Anda pilih file yang pas supaya proses penginstalan dapat berjalan lancar.
  • Untuk memudahkan pemakai mendapati driver printer yang diperlukan, silakan gunakan menu search bar yang umumnya ada di web sah printer. Scrolling hasil dari penelusuran sampai mendapati driver printer yang sesuai type yang dipakai.

  • Umumnya file yang usai didownload masih juga dalam pola winrar. Oleh karenanya, yakinkan Anda mempunyai software winrar untuk mengekstrak file didalamnya. Click kanan pada file driver yang didownload, selanjutnya tentukan Extract Here.
  • Cara setelah itu mendapati file exe.
  • Apabila sudah mendapatinya, ganda click pada file itu untuk mengawali proses instalasi driver printer.
  • Turuti tiap perintah yang ada pada monitor computer seperti lakukan instalasi software secara umum.
  • Bila proses instalasi telah usai, hubungkan printer dengan netbook memakai kabel USB atau kabel bawaan yang umumnya telah ada.
  • Yakinkan supaya printer telah teridentifikasi pada netbook yang dipakai.
  • Beberapa langkah memasang printer di atas dapat menjadi opsi. Tetapi, masih tetap yakinkan printer driver yang dipakai betul-betul sesuai type yang dipakai ya. Bila salah memakai versus software ini, nanti printer dapat alami error.
  • Cara-cara memasang printer di atas dapat diputuskan sama sesuai keperluan. Pada intinya, memasang memakai software driver printer menjadi opsi sekarang ini. Ingat software itu bisa juga mempermudah Anda mengatur pembuatan document.


Tetapi bila dirasakan susah dan belum mendapati softwarenya, seharusnya tentukan sistem yang lain seperti memakai CD Driver.