Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Ciri-Ciri Teks Eksposisi, Pengertian, Struktur, dan Jenis yang Wajib Diketahui

 Ketahui beberapa ciri text eksposisi bisa membandingkannya dengan tipe text lainnya. Text eksposisi ialah cerita yang berisi info atau opini yang dikatakan untuk menerangkan satu topik.


Text eksposisi memiliki sifat ilmiah dan non-fiksi. Karena, arah text eksposisi itu memang untuk menerangkan sebuah topik ke pembaca lewat info dan data. Info yang diuraikan harus juga terang dan sama sesuai bukti untuk pertambahan wacana pembaca.


Umumnya, text eksposisi akan mengulas rumor pengajaran, ekonomi, kesehatan, dan ada banyak kembali. Saat sebelum menulis text eksposisi, anda lebih dulu pahami beberapa ciri text eksposisi dan susunannya.


Berikut pembahasan berkenaan pemahaman text eksposisi dan beberapa ciri text eksposisi, susunan, dan beberapa jenisnya yang sudah diringkas oleh saya.


Pemahaman Text Eksposisi

9 Ciri-Ciri Teks Eksposisi, Pengertian, Struktur, dan Jenis yang Wajib Diketahui


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pemahaman text eksposisi ialah rincian (paparan) yang mempunyai tujuan menerangkan tujuan dan maksud, seperti satu cerita. Arah dalam teksi eksposisi sebagai fasilitas memberi beberapa informasi tertentu agar menjadi terang untuk menambahkan wacana info untuk pada pembaca. Arah ditulisnya text eksposisi untuk memberi info, agar jadi terang untuk pertambahan wacana info untuk pembaca text itu.


Dan menurut H. Dalman dalam Ketrampilan Menulis (2016), text eksposisi ialah cerita yang menerangkan atau menjelaskan opini, ide, kepercayaan yang membutuhkan bukti yang diperkokoh angka, statistik, peta dan grafis, tapi tidak memiliki sifat mempengaruhi pembaca.


Dengan begitu, text eksposisi maknanya penulis harus menyuguhkan ide secara baik dan gampang dimengerti oleh pembaca. Text tipe ini menerangkan satu hal, menjelaskan proses atau jalinan satu perihal dengan hal-hal lain.


Text eksposisi biasanya dibuka dengan opini penulis yang menjelaskan topik yang diulas. Selanjutnya opini itu disokong dengan bukti dan data yang kuat, dapat berbentuk pengakuan pakar, data riset, sampai cuplikan jurnal. Sisi akhir text eksposisi umumnya berisi ringkasan berdasar beberapa hal yang dikatakan awalnya.


Ciri-Ciri Text Eksposisi

9 Ciri-Ciri Teks Eksposisi, Pengertian, Struktur, dan Jenis yang Wajib Diketahui


Beberapa tanda text eksposisi, diantaranya:


1. Beberapa ciri text eksposisi yang pertama ialah menerangkan beberapa informasi pengetahuan.


2. Beberapa ciri text eksposisi yang lain ialah style info yang ajak.


3. Beberapa ciri text eksposisi yang lain ialah umumnya jawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, kenapa, bagaimana.


4. Beberapa ciri text eksposisi yang lain ialah usaha menerangkan mengenai suatu hal.sebuah hal.


5. Beberapa ciri text eksposisi yang lain ialah style penulisannya memiliki sifat informatif.


6. Beberapa ciri text eksposisi yang lain ialah ada bukti rincian singkat, padat, dan tepat.


7. Beberapa ciri text eksposisi yang lain ialah usaha menerangkan suatu hal.sebuah hal.


8. Beberapa ciri text eksposisi yang lain ialah pengutaraan secara polos dan menggunakan bahasa yang baku.


9. Beberapa ciri text eksposisi yang lain ialah tidak berpihak, yang memiliki arti tidak memaksa tekad penulis pada pembaca.


Susunan Text Eksposisi

9 Ciri-Ciri Teks Eksposisi, Pengertian, Struktur, dan Jenis yang Wajib Diketahui


Seperti tipe text lainnya, text eksposisi mempunyai susunan didalamnya. Sebuah text eksposisi biasanya mempunyai tiga susunan berikut:


1. Tesis (pengakuan pendapat)


Sisi ini berisikan teori yang nanti diperkokoh oleh argument. Penulis akan sampaikan pengakuan dan penglihatannya berkaitan permasalahan yang di ulas di bagian tesis.


2. Argumentasi (bukti atau argumen untuk perkuat pengakuan dalam tesis)


Sisi ini memberikan bukti yang memberikan dukungan penglihatan penulis. Argumentasi dapat berbentuk pengakuan umum, hasil riset, cuplikan pengakuan pakar, atau bukti-bukti dari sumber paling dipercaya.


3. Reintegrasi (pengakuan atau penegasan ulangi pendapat)


Sisi itu berisi penegasan atas tesis dan argumentasi. Penegasan ulangi umumnya berada di bagian akhir text.


Elemen Aturan Kebahasaan Text Eksposisi

Dalam text eksposisi harus memakai aturan kebahasaan yang sama sesuai, yaitu:


1. Memakai pronomina


Diambil situs Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan (Kemendikbud), pronomina ialah kata yang digunakan untuk menukar orang atau benda. Misalnya ialah saya, saya, kita, dan kami. Pronomina dipakai dalam sisi pengakuan opini atau tesis dan penegasan ulangi opini.


2. Memakai Nomina


Nomina ialah kelas kata yang dengan bahasa Indonesia diikuti oleh tidak dapatnya tergabung dalam kata tidak. Misalnya ialah komune, rakyat, atau negara.


3. Memakai verba


Verba ialah kata kerja yang memvisualisasikan proses atau tindakan. Misalnya ialah dituntut, dibuat (verbal pasif), menggerakkan, memutuskan (verbal aktif).


4. Memakai adjektiva


Adjektiva ialah kata yang menjelaskan kata benda dan bisa menempel pada kata benar-benar, sekali. Misalnya ialah optimis, prospektif, dan percaya.


5. Memakai adverbia


Adverbia ialah kata yang memberi info pada verba, dan abjektiva. Misalnya ialah tidak mempunyai potensi, benar-benar optimis, dan percaya sekali.


Tipe-Jenis Text Eksposisi


Berikut ada beberapa beberapa jenis text eksposisi, diantaranya:


1. Text Eksposisi Pengertian


Pemahaman text eksposisi pengertian ialah paragraf eksposisi yang menjelaskan berkenaan pengertian atau pemahaman satu topik tertentu.


2. Text Eksposisi Proses


Pemahaman text eksposisi proses ialah cerita yang berisi beberapa tahapan atau beberapa cara untuk lakukan suatu hal dari sejak awalnya sampai akhir.


3. Text Eksposisi Contoh


Pemahaman text eksposisi contoh adalah paragraf yang menyuguhkan info dan keterangan berbentuk deskripsi simpel berkenaan satu topik dengan topik yang lain, yang memiliki kemiripan karakter atau keserupaan dalam beberapa hal tertentu.


4. Text Eksposisi Laporan


Pemahaman text eksposisi laporan ialah paragraf eksposisi yang menyampaikan laporan sebuah kejadian atau riset tertentu.


5. Text Eksposisi Perbedaan


Pemahaman text eksposisi perbedaan ialah paragraf eksposisi yang berisi gagasan atau ide. Umumnya ide itu diuraikan dengan memperbandingkan.


6. Text Eksposisi Pertentangan


Pemahaman text eksposisi pertentangan ialah paragraf eksposisi yang berisi tentang pertentangan akan satu hal dengan hal yang lain.


7. Text Eksposisi Informasi


Pemahaman text eksposisi informasi ialah paragraf eksposisi yang memberi info dari satu peristiwa, kerap ditemui dalam informasi atau media massa.


8. Text Eksposisi Analitis


Pemahaman text eksposisi analitis ialah paragraf eksposisi yang pisahkan satu permasalahan dari satu ide khusus jadi beberapa sub-bagian, selanjutnya lakukan peningkatan secara berurut.