Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dalam 1 Hari

 Siapa yang tidak mau ketahui langkah hilangkan jerawat secara cepat dalam satu hari? Walau berkesan sepele, langkah ini harus tahu karena jerawat di muka yang ada secara tidak tersangka ketika akan mendatangi acara penting dapat benar-benar menyebalkan dan mengusik rasa optimis.


Jerawat bisa ada pada bagian badan mana saja. Tetapi, masalah di kulit ini lebih umum terjadi di muka. Ini karena kulit muka mempunyai semakin banyak kelenjar minyak dibanding anggota badan yang lain, hingga saat produksi sebum bertambah, pori-pori jadi lebih rawan mampet dan memacu munculnya jerawat.


Sel-sel kulit mati dan bakteri yang menimbun dapat menutup pori-pori muka. Disamping itu, jerawat bisa juga dipacu oleh peralihan hormon, mengonsumsi makanan dan beberapa obat tertentu, penggunaan produk make-up yang tidak pas, sampai depresi terlalu berlebih.


Langkah Hilangkan Jerawat dengan Cepat di dalam 1 Hari

Ada cara-cara yang dapat Anda kerjakan untuk hilangkan jerawat secara cepat dalam satu hari, salah satunya:

6 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dalam 1 Hari


1. Memakai obat jerawat beri

Ada beberapa produk obat jerawat beri yang dapat diperoleh tanpa resep dokter dan bisa dipakai untuk hilangkan jerawat dalam satu hari. Beberapa obat jerawat beri itu biasanya memiliki kandungan benzoil peroksida atau asam salisilat.


Benzoil peroksida dijumpai bisa kurangi jerawat yang meradang dan menantang bakteri pemicu timbulnya jerawat, dan asam salisilat bisa hilangkan jerawat dengan hilangkan kelebihan minyak di pori-pori.


Oleh karenanya, benzoil peroksida biasanya lebih pas dipakai untuk menangani jerawat kemerahan yang meradang, sementara asam salisilat untuk keringkan pustula atau jerawat dengan white heads dan black heads.


Pemakaian obat jerawat beri lumayan gampang. Anda perlu memoleskannya langsung ke jerawat sesudah muka usai dibikin bersih.


2. Memakai tea tree oil

Jika tidak mau memakai obat jerawat beri, Anda dapat coba bahan alamiah yang cukup populer baik untuk hilangkan jerawat secara cepat, yakni tea tree oil.


Tetapi, jika salah langkah menggunaknnya, tea tree oil dapat memunculkan efek, seperti kulit kering, iritasi, dan rasa terbakar. Maka dari itu, Anda perlu menambahkan tea tree oil dengan minyak alami lain (carrier oil), seperti minyak kelapa dan minyak zaitun, saat sebelum dipakai.


Sesudah tercampur rata, Anda bisa mencelupkan kapas ke kombinasi minyak itu. Selanjutnya, berikan kapas langsung ke tempat jerawat yang meradang.

6 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dalam 1 Hari


3. Memoleskan gel lidah buaya

Gel lidah buaya sering jadi bahan khusus dalam beragam tipe produk perawatan kulit. Ini karena lidah buaya banyak memiliki faedah, dimulai dari menantang bakteri pemicu jerawat, kurangi infeksi, sampai beragam permasalahan kulit lain, misalkan psoriasis.


Karena macam faedah yang dijajakannya, lidah buaya bisa menjadi satu diantara opsi untuk hilangkan jerawat secara cepat. Anda perlu memoleskan gel lidah buaya sekitar 1-2 kali satu hari langsung ke tempat kulit yang berjerawat atau ke semua muka.


4. Mengompres dengan teh hijau

Tidak cuma berguna saat diminum langsung, teh hijau dipercayai bisa menolong hilangkan jerawat secara cepat dalam kurun waktu satu hari.


Ini karena teh hijau kaya anti-oksidan yang dijumpai sanggup kurangi produksi minyak berlebihan di muka, menurunkan infeksi, dan menantang bakteri pemicu jerawat.


Untuk memperoleh faedah the hijau itu, Anda perlu menyeduh teh hijau dengan ½ gelas air mendidih sepanjang 3-4 menit, dan biarkan sampai dingin. Lantas, celup kapas ke teh hijau dan lekatkan pada tempat kulit yang berjerawat sepanjang 10 menit, atau biarkan sepanjang malam. Ulang sekitar 1-2 kali satu hari.


5. Menggunakan masker belerang

Walau bau cukup menusuk, masker belerang (sulfur) sudah lama dikenali sebagai salah satunya sistem bersihkan pori-pori dari sumbatan minyak dan kotoran berlebihan, dan menurunkan infeksi pada jerawat.


Oleh karenanya, masker belerang bisa menjadi satu diantara langkah untuk hilangkan jerawat secara cepat dalam satu hari. Untuk memakainya, Anda perlu memoleskan masker belerang pada tempat kulit yang berjerawat atau semua muka.


Tetapi, supaya masih tetap aman, Anda harus tetap membaca panduan pemakaian yang ada pada produk masker belerang saat sebelum memakainya.


6. Mengompres dengan es batu

Langkah seterusnya yang dapat Anda kerjakan untuk hilangkan jerawat dengan cepat dalam satu hari ialah mengompres jerawat dengan es batu.


Trick ini sudah lama dipakai untuk kurangi kemerahan, bengkak, dan rasa ngilu yang diakibatkan oleh jerawat.


Anda cukup membuntel es batu dengan kain selanjutnya melekatkannya ke tempat kulit yang berjerawat sepanjang 20-30 detik. Berikan interval waktu 1 menit saat sebelum kembali tempelkan es batu. Ulang langkah ini seringkali dalam satu hari sampai lebam pada jerawat berkurang.


Beragam langkah di atas memanglah bisa menolong Anda hilangkan jerawat secara cepat dalam satu hari. Meskipun begitu, supaya permasalahan jerawat bisa lebih cepat terselesaikan dan tidak kerap ada kembali, Anda pun perlu jaga kebersihan kulit muka secara baik, yakni:


  • Membersihkan muka minimal 2x satu hari
  • Menghindar pemakaian produk pencuci muka yang bisa membuat iritasi kulit (seperti alkohol)
  • Menghindar rutinitas menggosok kulit muka dengan keras
  • Mencuci muka sama air hangat sesudah dibikin bersih
  • Disamping itu, jauhi rutinitas menekan jerawat. Bukannya membuat jerawat cepat lenyap, rutinitas satu ini malah bisa tingkatkan resiko infeksi dan timbulnya sisa jerawat yang mengusik.


Tersebut cara-cara yang dapat Anda kerjakan untuk hilangkan jerawat secara cepat dalam satu hari. Tetapi, bila beragam langkah tidak memberi hasil maksimal atau malah jerawat lebih buruk, Anda dapat konsultasi sama dokter untuk memperoleh pengatasan yang tepat.